Translate

Sabtu, 30 Maret 2013

KETENAGAKERJAAN


KETENAGAKERJAAN
PENGERTIAN DALAM BIDANG KETENAGAKERJAAN

Kesempatan kerja merupakan hubungan antara angkatan kerja dan kemampuan penyerapan tenaga kerja.permasalahan ketenagakerjaan tidak akan muncul jika penambahan angkatan kerja diimbangi dengan penanaman modal yang dapat menciptakan kesempatan kerja.kesempatan kerja (demand of labour) adalah suatu keadaan yang menggambarkan ketersediaan pekerjaan,dengan kata lain kesempatan kerja adalah lapangan kerja untuk diisi oleh para pencari kerja.
Tenaga kerja dapat digolongkan menurut sifat dan kualitasnya.
Menurut kualitasnya :
1.Tenaga terdidik : tenga kerja yang memerlukan pendidikan secara teratur.misalnya ( guru,arsitek,dokter,pengacara)
2.Tenaga kerja terlatih : tenaga kerja yang memerlukan latihan keterampilan terlebih dahulu,misalnya ( montir,penjahit dan supir)
3.Tenaga kerja terlatih dan terdidik tenaga kerja yang memerlukan pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu misalnya,(satpam)
Menurut sifatnya :
1.Tenaga kerja jasmani : tenaga kerja yang lebih mengandalkan fisik atau jasmani dalam proses produksi misalnya,(kuli bangunan)
2.Tenaga kerja rohani : tenaga kerja yang memerlukan pikiran untuk melakukan proses produksi misalnya (penulis)
Jumlah penduduk di indonesia dapat dibagi kedalam dua kelompok :
1.Penduduk usia kerja( penduduk produktif ) yaitu kisaran antara 14 – 64 tahun.penduduk yang masuk pada usia kerja diharapkan sudah bekerja dan bisa menghasilkan pendapatannya sendiri.
2.Penduduk bukan usia kerja( penduduk nonproduktif) misalnya anak sekolah dasar dan penduduk yang sudah pensiun dan juga lanjut usia.
Penduduk dalam usia kerja dibagi dalam dua angkatan kerja :
1.Angkatan kerja adalah bagian dari jumlah penduduk yang mempunyai pekerjaan atau yang sedang mencari kesempatan kerja untuk melakukan pekerjaan yang produktif.
2.Penduduk bukan angkatan kerja : penduduk yang sudah masuk usia kerja ,tetapi belum mencari pekerjaan karena masih sekolah.selain itu juga ada pula penduduk yang masuk dalam usia kerja tetapi memang tidak bekerja misalnya ibu rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar